Kamis, 18 Oktober 2012

Secercah Harapan Untuk PLN

Tak bisa dipungkiri, kehidupan manusia moderen saat ini tak pernah terlepas dari penggunaan listrik. PLN sebagai perusahaan penyedia energi  listrik tentunya sangat berperan penting dan berjasa. Berkembangnya teknologi di segala bidang tentunya juga berkat dukungan dari PLN. Karena hampir seluruh perangkat elektronik maupun perangkat komunikasi yang kini berkembang di masyarakat membutuhkan listrik sebagai energi utamanya.

Jika selama ini kita dimanjakan dengan berbagai kemajuan teknologi, misalnya, hanya di hadapan sebilah layar kaca kita bisa melihat dunia luar yang teramat luas. Hanya dalam hitungan menit, bahkan hanya dalam beberapa detik saja kita bisa bertukan kabar dengan sanak saudara, rekan, sahabat, maupun orang terspesial yang sedang tak berada di jangkauan mata kita. Lalu, dapatkah kita melakukan itu semua tanpa listrik? Tidak bukan? Lantas siapakah yang menyediakan listrik untuk kita? PLN.

Bisa kita bayangkan, seandainya hingga detik ini tidak ada yang menyediakan listrik untuk kita, dari manakah kita bisa mendapatkan informasi teraktual? Sedang itu biasanya kita dapatkan melalui media massa elektronik, dan media massa elektronik menggunakan listrik. Seandainya tidak ada listrik, mungkinkah kita bisa menggunakan handphone, laptop, komputer, televisi, radio, dll, yang semuanya menggunakan energi listrik agar bisa digunakan? Itulah mengapa PLN menjadi bagian penting dari hidup kita yang tidak boleh kita lupakan.

PLN sebagai penyedia jasa listrik tentunya selalu ingin meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Karena kepuasan pelanggan menjadi tujuan utama perusahaan milik negara itu.

Saya pribadi sebagai pelanggan PLN, merasa senang atas komitmen PLN melayani masyarakat selama ini. Dan melalui tulisan saya kali ini, saya akan menyampaian setitik harapan saya untuk PLN.

  1. Pelayanan PLN yang saya rasakan slama ini sudah cukup baik. Namun alangkah lebih baiknya lagi bila pelayanan yang sudah baik itu terus ditingkatkan, sehingga PLN mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh masyarakat Indonesia.
  2. Harapan selanjutnya, hendaknya PLN semakin memeratakan ketersediaan listrik di Indonesia. Karena seperti yang kita ketahui, di pelosok-pelosok negeri ini, masih banyak daerah yang belum terjamah listrik. Alasannya bermacam-macam. Salah satunya, karena lokasinya yang terisolir. Namun, walaupun itu merupakan daerah yang terisolir, di sana juga tumbuh bibit-bibit penerus bangsa. Lantas bagaimanakah nasib generasi muda yang ada di sana bila mereka tak bisa menikmati kemudahan menggunakan listrik. Bagaimanakah kondisi mereka di malam hari? Sedangkan saya saat terjadi pemadaman listrik, sehari saja katakanlah, saya sudah menyebutnya sebagai bencana. Saya pasti akan mengeluh. Dan jujur, saya tidak kuasa membayangkan mereka, para pelajar di daerah terisolir, yang selama ini hidup tanpa listrik. Bagaimanakah mereka bisa berkonsentrasi saat mengerjakan tigas di malam hari dengan penerangan seadanya? Apakah itu tidak akan mengganggu mereka? Saat gunungan harapan disematkan ibu pertiwi pada mereka dan mereka berusaha merealisasikannya, saat mimpi-mimpi mereka yang menjulang tinggi ke angkasa terucap lewat bibir-bibir mereka, haruskah itu semua kandas di tengah jalan bila tak ada fasilitas yang memadai untuk mengenyam ilmu pengetahuan? Dan setelah hamparan harapan itu kandas, mereka yang disalahkan karena dianggap sebagai beban bagi masyarakat. Bukankah ini hal yang memilukan? Oleh karena itu. Saya berharap agar PLN bisa memeratakan penggunaan listrik. Jadi listrik bukan menjadi barang mewah bagi mereka yang ada di pedalaman. Tanpa listrik pula, generasi muda dan seluruh lapisan masyarakat yang ada di sana tidak akan tersentuh teknologi. Dan itu akan menjadikan mereka semakin tertinggal.
  3. Harapan yang ketiga dari saya. Bila di negara ini ada jamkesmas, bukankah lebih menggembirakan jika diadakan pula program jamlistis (Jaminan Listrik Gratis) bagi masyarakat yang kurang mampu? Sehingga mereka bisa mengalihfungsikan biaya yang mereka anggarkan untuk pembayaran listrik, untuk membiayai hal yang lebih vital. Seperti pendidikan anak-anaknya. Jika hal ini bisa terwujud, bukan tidak mungkin, kehidupan masyarakat Indonesia aka setaraf lebih makmur dari sekarang.
  4. Saya juga berharap jika PLN lebih giat dalam melakukan promosi hemat listrik. Karena sepengetahuan saya selama ini, hanya ada satu iklan hemat listrik di televisi dan itupun sangat jarang ditayangkan. Promosi hemat listri sangat diperlukan, karena selain akan menekan biaya yang dikeluarkan pengguna listrik, perilaku hemat listrik juga akan menekan jumlah energi listrik yang berubah bentuk menjadi energi yang tidak terlalu kita butuhkan. Seperti yang dikatakan azas kekekalan energi, bahwa energi tidak dapat diciptakan maupun dimusnahkan, tapi energi hanya dapat berubah bentuk. Tidak menutup kemungkinan bila suatu saat nanti energi listrik akan semakin berkurang karena berubah bentuk menjadi energi yang kurang dibutuhkan manusia bila manusia tidak memanfaatkannya sebijak mungkin.
  5. Sebagai negara yang berada dalam lingkaran khatulistiwa, tentunya Tuhan memberkahi kita dengan limpahan sinar matahari yang tidak terhingga. Alangkah sangat baiknya bila PLN mampu memanfaatkan energi matahari secara optimal. Karena sebatas pengetahuan saya, penggunaan energi matahari masih kurang populer.
  6. Harapan saya lagi, PLN boleh saja melakukan pemadaman listrik. Namun lebih baik jika sebelum pemadaman di lakukan, PLN memberitahuan perihal ini kepada masyarakat. Sehingga masyarakat bisa bersiap-siap. Saat melakukan pemadaman, diharapkan tidak dilakukan saat jam kerja, atau pada pagi hari di mana aktivitas baru akan dimulai. Pemadaman listrik akan lebih baik bila dilakukan pada saat-saat yang tidak menganggu aktivitas masyarakat. Bila pemadaman listrik dilakukan saat jam kerja ataupun jam sekolah, maka para pekerja yang memanfaatkan listrik sebagai sumber energi utama akan merasa kesusahan, karena pekerjaan mereka hari itu terganggu. Para pelajar juga akan merana, karena mereka tidak akan bisa menikmati fasilitas AC, LCD, dan peralatan KBM lain yang menggunakan listrik.
Kiranya cukup sekian titik-titik harapan saya untuk PLN yang mampu saya tuliskan di sini. Semoga PLN mampu mengemban amanat, sebagai lembaga yang bebas dari KKN. Terus berikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Indonesia. Karena PLN dan listrik, sudah menjadi bagian dari hidup kami yang tak terpisahkan.

14 komentar:

  1. wah, smoga harapan untuk PLN nya tercapai ya, dan semoga menang kontesnya

    BalasHapus
  2. stju deh sma kamu, kasian anak2 bangsa susah bljr kalau malam hri,,hhe,seharusnya segera di setarakan listriknya,,
    good luck ya kontesnya :D
    ntar klau menang bagi2 hadiahnya ckckck

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak Iva -_- kasian mereka :"
      Makasihh O:)
      Hadiahnya mau dibuat kado ultahnya mamah kak O:)

      Hapus
  3. wah bagus juga harapannya

    titip link ya kak... join jg bila mau (Social networking)

    " Wujudkan impian anak bangsa donk PLN,

    @ http://dduaxfendico2.blogspot.com/2012/09/harapan-anak-bangsa-untuk-pln.html "

    #i'mBlogerPemula

    BalasHapus
  4. tulisan yang bagus nin :)
    semoga PLN lebih baik yak dimasa datang..
    semoga juga PLN memanfaatkan bintang sebagai sumber daya listrik :D :D

    BalasHapus

  5. salam super sahabat,
    tetap semangat dan sukses selalu ya
    ditunggu kunjungan baliknya :)

    BalasHapus
  6. semoga PLN menjadi lebih baik ya mbak dikemudian hari, namun kita juga harus hemat tenaga listrik agar anak-anak kita ntar bisa menikmati listik.
    ok.
    mulai sekarang kita berhemat.
    *kecuali untuk ngeblog
    hahahaha

    BalasHapus
  7. Andaikan swasta diberi ijin oleh pemerintah untuk membangun insfraktrukur pembangkit listrik itu jauh lebih efektif buat mereka yang kurang perhatian oleh PLN salam Bisnis Online HYIP

    BalasHapus
  8. salam super sahabat,
    tetap semangat dan sukses selalu ya
    ditunggu kunjungan baliknya :)

    BalasHapus
  9. salam super sahabat,
    tetap semangat dan sukses selalu ya
    ditunggu kunjungan baliknya :)

    BalasHapus
  10. salam super sahabat,
    tetap semangat dan sukses selalu ya
    ditunggu kunjungan baliknya :)

    BalasHapus
  11. biang keroknya PLN nih. hehhee... ditunggu knjungnx dik,,.
    http://forester-untad.blogspot.com/

    BalasHapus

Back to Top