Sabtu, 13 Oktober 2012

NEO (National English Olympiad) 2012



Yap, hari ini gue mau cerita tentang NEO 2012 yang baru aja gue ikuti hari ini tepatnya tanggal 13 Oktober 2012 :O
Tapi sebelumnya, gue mau kasih tau dulu apa itu NEO.

NEO atau National English Olympiad adalah lomba Bahasa Inggris berskala Nasional yang diadakan setiap tahunnya oleh HJM Sastra Inggris 'Legato', yang tahun ini mengambil tema 'Let Your Creation Brust'. Nah, yang istimewa dari NEO tahun ini adalah, tahun ini merupakan tahun ke-10 diselenggarakannya NEO.

NEO ini dibagi dalam 2 babak, yaitu preliminary round dan final round. Preliminary round sendiri dibagi menjadi preliminary round 1 dan preliminary round 2. Untuk babak preliminary round, diselenggarakan di masing-masing rayon. Karena Tulungagung, kota tercinta gue, merupakan bagian dari Karisidenan Kediri, maka hari ini gue ngikutin lombanya di STAIN Kediri. Lalu, untuk final round diselenggarakan di UNM (Universitas Negeri Malang).

Nah untuk tahun ini, merupakan tahun kedua gue ikut NEO. Dan pastinya kali ini lebih semangat :D walaupun peserta dari RSMABI NEGERI 1 BOYOLANGU gak sebanyak tahun lalu :( tapi tetep semangaaaat :D

Persiapan udah cukup matang sih. Belajarnya gue fokuskan buat nambah kosa kata, kebetulan baru dibeliin kamus baru :D gak lupa juga buat berdoa. Minta sama yang Diatas biar gue dapet hasil yang terbaik. Karena emang tahun ini gue berambisi lolos ke final round di Malang. Seminggu sebelum lomba, gue rajin banget minta doa. Ke Bunda, adek laki-laki gue yang masih unyu-unyu :3, ke temen-temen juga. Gue sih berharap, semoga doa dari mereka bisa mempermudah jalan gue. Kan seru tuh kalo lolos ke Malang. Bisa jalan-jalan gratisan :P

Sebenernya kalo gak salah, sejak seminggu sebelom NEO dilaksanakan, ada bimbingan tambahan dari sekolah. Cuma, karena yang kasih bimbingan Mr. Alex, guru bule baru di sekolah gue yang gak bisa berbahasa Indonesia, gue jadi males ikutan. Lagian gak ada pembimbing yang bisa berbahasa Indonesia, entar kalo mau tanya-tanya jadi ribet. Guenya juga masih dong-dong :P jadi gue gak pernah ikut bimbingan. Gue putusin buat belajar sendiri haha (y)

Sehari sebelom berangkat ke Kediri, gue kumpul bentar sama anak-anak laen yang ikutan buat nyelesein administrasi. Terus hari ini, 13 Oktober 2012, gue harus bangun pagi soalnya sebelum jam 6 harus stand by di sekolah -_- tapi ternyata gue kesiangan. Jam 05.45 WIB gue baru berangkat, diatar ayah tercintah :* setelah minta doa restu sama bunda :* gue sih udah deg-degan, takut ketinggalan bis. Eh tapi ternyata molor. Kita berangkatnya jadi jam 06.40 WIB. Sampe di Kediri, masih ribet sama presensi. ID card juga belom dibagi. Sekitar setengah jam gue ngantri buat tanda tangan sekalian ngambil ID card, dapet nomor KDR037. Sampe akhirnya tepat jam 08.00 WIB gue masuk ke ruangan *lupa namnya apa. Sebut aja aula*.

Selang beberapa menit gue sama yang laen masuk ke aula itu, acara langsung dibuka. Dilanjutin TM 1 terus lombanya langsung dimulai. Nomor peserta KDR001 sampe KDR040 disuruh ngikutin panitia buat pindah ruangan. Gak tau dah nasib yang lain. Sekitar 90 menit gue ngerjain 60 soal berbahasa Inggris. Tepat pukul 10.40 WIB gue ninggalin ruangan itu dan kembali ke aula. Nah, tahun lalu nih, sebelom kita ngerjain soal, kita diajak nge-game dulu biar gak tegang. Terus habis ngerjain soal sambil nunggu pengumuman siapa yang lolos ke preliminary round 2 juga ada game. Ada hadiahnya juga. Tapi tahun ini gak ada game. Kita cuma disuruh nonton film. Jadinya agak boring :(

Habis makan dan sholat dzuhur, pukul 01.40, diumumkan siapa aja yang lolos ke preliminary round 2. Sumpah, tadi gue nervous banget waktu nunggu pengumuman. Jantung gue kek mau copot, untung gak jadi -_- dan akhirnya, nama gue ada dalam daftar 60 peserta yang lolos. Gue masih gak percaya. Gue suruh temen gue liat, itu nama gue apa bukan -_- setelah yakin, gue baru bisa bernafas lega. Gue segera sms ayah bunda yang di rumah, minta doa biar gue lolos ke Malang.

Setelah TM 2, preliminary round 2 langsung dimulai di aula itu juga. Gue agak sebel sih, soalnya di situ gak ada meja, terus gue juga gak bawa meja dada -_- akhirnya gue ngerjain di kursi depan gue yang kosong. Untung cuma disuruh nyilang. Setelah bergelut selama 60 menit dengan 40 soal, kepala gue puyeng banget. Ngantuk. Pengen langsung pulang. Tapi gue masih harus nunggu pengumuman siapa aja yang lolos ke final round di Malang.

Singkat cerita, setelah gue harap-harap cemas, akhirnya gue GAK LOLOS. Sempet sakit hati sih. Abisnya dari tahun lalu gue cuma bisa tembus preliminary round 2. Belom bisa lolos ke Malang. Tapi ya emang gimana lagi -_- segitulah kemampuan gue. Walau kecewa gue terima juga. Gue langsung sms Bunda.

Tadi sebelom pulang sempet mampir dulu di Kediri Town Square sekitar 1 jam lebih. Terus kita pulang.. sampe rumah, jam 19.30 WIB, gue gak langsung mandi. Padahal seharian tadi gak mandi -_- gue biarin Bunda gue nyium bau parfum campur keringat gue saat gue cerita ngalor-ngidul. Sampe akhirnya jam 19.45 WIB gue disuruh mandi. Selesai mandi, gue langsung ngidupin laptop. Niatan mau curcol di blog. Tapi sama Bunda disuruh sholat isya' dulu. Akhirnya gue sholat dulu deh hehe :D

Sebenernya waktu nulis ini juga gue masih capek :| tapi ya gapapa lah~

Makasih buat yang udah mau baca postingan gue ini :) sorry ya kalo gue belom bisa nulis yang puitis :|

Buat Bunda sama Ayah, maaf ya :( aku gak bisa lolos ke final round hari ini :( semoga kalian gak kecewa :( terimakasih buat doa, dan dukungannya :* kedepan aku akan lebih baik lagi :)

Makasih juga buat temen-temen yang udah doain :* love you all

Sumber data dan gambar: http://legato.um.ac.id/?page_id=249

8 komentar:

  1. ikut lomba bahasa inggris tingkat nasional?
    wuss, hebat dong...
    meski gak lolos, kan bisa buat pegalaman...
    buat belajar juga..
    sukses yak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iseng2 aja kak awalnya. Tp jadi ketagihan -_- gak pernah lolos lagi :" huaaaaaa
      Sukses juga kak Dino Nyonyo (y)

      Hapus
  2. kalu gue jago ngebahasa inggeris gue pasti ikutan. . tapi sayang gue kaga jago...

    Semangat ea...Semoga Menang !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ada yang ketauan abis liat judul langusung comment nih -_- gak baca ya? :P haha gue kagak menang. Lombanya aja udah kelar

      Hapus
  3. aku juga gak lancar bahasa inggris,,jadi ikut nyemangatin aja yah ^_^

    BalasHapus
  4. tipe soalnya kyk gmn sih? yg dipikir bhs inggrisnya ato ttg pengetahuan umum? thx b4

    BalasHapus
  5. Nice story!! Follow @Legato_NEO for everything about the NEO event

    BalasHapus

Back to Top